Senin, 16 Juni 2014

Kemewahan Rumah Bambu ramah lingkungan



Suatu rumah keluarga di kota Paranaque, Metro Manila, Filipina, terlihat istimewa memakai batang-batang bambu untuk materaialnya. Perusahaan design Atelier Sacha Cotture sukses menggabungkan rumah elegan tiga lantai dengan material bersahaja yang gampang ditemukan di Asia itu.

Rumah ini ada di tempat seluas 465 m2. Bangunannya sendiri mempunyai luas meraih 360 m2. Tak hanya memakai bambu yang relatif ramah lingkungan, beberapa rumah ini nyatanya memakai daya listrik dari panel solar.


Tentang penentuan bambu, beberapa arsitek di Atelier Sacha Cotture setuju, bahwasanya bambu yaitu material lokal ramah lingkungan. Seperti diambil Dezeen, mereka menyampaikan, bahwasanya bambu yaitu material rendah cost serta berkepanjangan yang banyak tumbuh di lokasi.

" Material ini dengan cara historis sudah dipakai di negara ini untuk bikin beragam kerajinan tangan, arsitektur lokal, serta benda-benda kepentingan keseharian, " ungkap mereka.

Bambu jadi penutup dinding eksterior rumah, bambu juga dipakai untuk sejenis monitor yang menghambat cahaya matahari. Bukan sekedar itu saja. Dirumah yang ada di kota ParaƱaque itu, bambu juga dipakai untuk pengaman tangga interior.

Sebelum saat dipakai untuk hiasi fasad rumah, sebeumnya bambu telah diberikan pelindung supaya dapat tahan pada jamur serta hama. Kemudian, bambu baru diwarnai serta dipernis memakai warna alaminya.

Bukan sekedar bambu. Penyusunan rumah ini sendiri sesungguhnya menarik perhatian. Tempat rumah seluas 465 m2 dibagi jadi tiga sisi, yakni parkiran mobil serta area service, halaman, serta bangunan rumah. Pada parkiram mobil serta halaman dipisahkan dengan memakai kolam.

Masuk ke dalam rumah, pengunjung bakal disambut dengan pintu masuk yang terhubung dengan area keluarga serta dapur. Sesungguhnya, dari halaman pengunjung dapat segera masuk ke area keluarga atau area makan indoor lewat cara terhubung jendela kaca memiliki ukuran besar.

Pemakaian jendela atau pintu kaca ini memanglah langkah cerdas. Cahaya matahari dapat dengan gampang masuk ke dalam rumah yang menghadap ke jalanan ini. Tetapi, apabila tengah malas makan didalam rumah, yang memiliki rumah dapat juga menyantap makanannya diluar ruangan. Suatu area terbuka ada di kanan rumah (bila dipandang dari luar) dilengkapi dengan meja makan serta sebagian kursi.

Naik ke lantai setelah itu, pengunjung dapat melihat ada dua kamar tidur, satu area keluarga, dua kamar mandi, serta satu area belajar. Sesaat itu, di lantai paling atas ada kamar tidur utama, area enjoy, serta teras.

Dengan cara seluruh, dekorasi interior yang dikerjakan oleh Milo Naval memakai banyak aksen bambu, kayu, serta emas. Lewat cara ini, rumah bambu betul-betul tampak elegan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar