Jumat, 13 Juni 2014

Type-Tipe Leukemia


Sebenarnya apa leukemia? Bisakah penyakit ini pulih? Dokter Dr. dr. Lugyanti Sukrisman, SpPD-KHOM dari Divisi Hematologi-Okologi Medik Departemen Pengetahuan Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, menjelaskan tentang penyakit ini.

Ada banyak jenis leukemia. Lewat cara umum, leukemia dikelompokkan oleh seberapa cepat sel itu akan mengakibatkan buruk dan jenis sel darah putih yang merubah. Leukemia dapat berupa leukemia akut atau gawat.

Leukemia akut akan menyebabkan pasien rasakan sakit lewat cara cepat. Keadaaan cepat memburuk juga dalam hitungan minggu. Tengah leukemia gawat, tidak mengakibatkan sinyal tanda pada pasien selama bertahun-tahun dan memburuk lewat cara perlahan. Pasien memiliki harapan hidup lebih lama, juga hingga 5 th..

Dilihat dari jenisnya, leukemia dapat dibedakan jadi 4 :

Leukemia limfoblastik akut (ALL) : ALL merubah sebagian sel limfoid dan tumbuh dengan cepat. Masing-masing th., semakin lebih 5. 000 persoalan baru leukemia dari jenis ini. ALL paling umum berjalan pada anak-anak, namun tak tutup kemungkinan menjangkiti orang dewasa.

Leukemia mielositik akut (AML) : AML merubah sebagian sel myeloid dan tumbuh dengan cepat. Masing-masing th., semakin lebih 13. 000 persoalan baru dari leukemia jenis ini. Penyakit ini berjalan pada orang dewasa dan anak-anak.

Leukemia limfositik gawat (CLL) : CLL merubah sebagian sel limfoid dan biasanya tumbuh perlahan-lahan. Masing-masing th., semakin lebih 15. 000 persoalan baru dari leukemia jenis ini. Paling sering, orang didiagnosis dengan penyakit ini di atas usia 55. Jenis ini hampir tidak pernah menjangkiti anak-anak.

Leukemia mielositik gawat (CML) : CML merubah sebagian sel myeloid dan biasanya tumbuh lambat pada awalnya. Masing-masing th., ditemukan hampir 5. 000 persoalan baru dari leukemia jenis ini. CML terutama menyangkiti orang dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar